Pages

Senin, 11 Maret 2013

kuliner khas Purworejo



7 KULINER KHAS PURWOREJO
Kabupaten Purworejo (Jawa:purwareja), adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukota berada di kota Purworejo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang di utara, Kabupaten Kulon Progo (Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di timur), Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Kebumen di sebelah barat.
Purworejo memiliki beberapa makanan khas yang siap memanjakan lidah Anda. Ini nih beberapa produk kuliner khas Purworejo :

1. Dawet Ireng/dawet hitam
Sejenis cendol berwarna hitam yang biasanya disajikan dingin bersama ketan hitam, juruh, dan tape dengan mangkuk kecil. Yang paling terkenal ialah dawet hitam dekat jembatan Butuh.








2. Geblek

Sejenis makanan goreng yang bentuknya bulat kecil mirip gelang atau setengah angka 8. Tidak heran kalau masyarakat sana sering menyebut panganan itu dengan nama gelangan. Makanan yang terbuat dari tepung singkong itu rasanya sangat gurih.







3. Krimpying/Lanting


Panganan khas yang satu ini masih sejenis gorengan yang berbahan dasar singkong dan warnanya krem. Bentuknya bulat-bulat berlubang tengah seperti geblek. Namun kalau krimpying lebih keras dan kremes-kremes. Kalau yang agak kecil bentuknya mirip cincin biasanya disebut dengan nama lanting. Panganan khas Purworejo yang satu ini termasuk jenis panganan yang tahan lama. Jadi bisa dibawa buat oleh-oleh.


4. Kue Lompong
Kue basah manis dengan bulir kacang di dalamnya.Yang bikin unik panganan yang satu ini karena dibungkus menggunakan daun pisang kering yang sering disebut klaras. Konon warna hitam pada kue lompong ini berasal dari tanaman lompong. Tepatnya dari batang lompong yang dilumatkan dan dicampur pada adonan kue. Uniknya lagi pada setiap gigitan kue lompong ada suatu rasa sangat khas yang terasa di lidah kita. Itulah rasa klaras yang menjadi pembungkusnya.

5. Clorot
Panganan khas Purworejo yang satu ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dimasak dalam pilinan daun kelapa yang masih muda (janur kuning). Bentuknya seperti terompet kecil yang dibalut janur kuning, rasanya manis hampir seperti wajik atau dodol.





6. Rengginang

Panganan khas Purworejo yang satu ini termasuk jenis panganan gorengan yang terbuat dari ketan yang dimasak. Bentuknya bulat unik dan agak gepeng.






7. Cenil
Panganan khas Purworejo yang satu ini dibuat dari pati ketela pohon (tepung kanji). Bentuknya bulat-bulat kecil seperti kelerang. Biasanya ada warna-warni dan bertabur dengan parutan kelapa yang manis. Saat dimakan akan terasa manis dan kenyal. Biasanya dibungkus dengan daun pisang. Panganan ini bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional Purworejo.


selamat mencoba yaaaaa........

0 komentar:

Posting Komentar